18 Instansi Dibubarkan Jokowi – Pegawai Honorer Dihentikan

18 Instansi Dibubarkan Jokowi – Pegawai Honorer Dihentikan

PKVHOKI – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan selekasnya membuyarkan 18 instansi/komisi. Faktanya, budget negara dapat didesak bila instansi itu dibubarkan. Tetapi, bagaimana nasib beberapa pegawai yang kerja disana, baik PNS atau non-PNS?

Plt Kepala Biro Humas Tubuh Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengatakan, untuk PNS, akan diarahkan ke lembaga lain.

Tetapi untuk pegawai honorer, sebab tidak ditata dalam PP serta Ketentuan BKN, karena itu tidak lagi ada tempat mereka untuk kerja.

Baca Juga : De Gea Dituding Jadi Pemicu Kekalahan – Ini Tanggapan Manager MU

18 Instansi Dibubarkan Jokowi - Pegawai Honorer Dihentikan

18 Instansi Dibubarkan Jokowi – Pegawai Honorer Dihentikan

“Sebab instansi tidak ada automatis yang honorer pun tidak ada tempat lagi. Jika PNS ditata, dialirkan ke lembaga lain dan lain-lain,” kata Paryono pada Artikelberita.com, Rabu (21/7/2020).

Mengenai Ketentuan Pemerintah (PP) Nomor 11 tahun 2017 mengenai Manajemen PNS, persisnya di klausal 241 ayat 1 serta Ketentuan BKN Nomor tiga tahun 2020 mengenai Panduan Tehnis Penghentian PNS klausal 9 ayat 1 mengatakan, PNS dapat dipindah ke instansi lain bila ada perampingan organisasi atau kebijaksanaan pemerintah yang mengakibatkan kelebihan personel.

Jika PNS tidak dapat dialirkan, atau belum capai umur 50 tahun atau waktu kerja kurang dari 10 tahun, maka diberi uang nantikan semasa 5 tahun.

Bila sesudah 5 tahun tidak dialirkan, karena itu PNS akan dihentikan dengan hormat sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Selanjutnya, bila ada PNS yang usai terima uang nantikan tetapi belum capai umur 50 tahun, karena itu uang pensiun akan diberi waktu capai umur 50 tahun kelak.

Hingga sementara sekarang ini, data pegawai yang terpengaruh perampingan birokrasi ini belum juga diketahui dengan tentu.

“Ini saya sedang mencari. Harusnya ada, sedang saya mencari dahulu,” katanya.

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*