91 Juta Data Pemakai Tokopedia Dipasarkan Rp 74 Juta di Dark Situs

91 Juta Data Pemakai Tokopedia Dipasarkan Rp 74 Juta di Dark Situs

Tokopedia masih jadi perbincangan sampai sekarang sebab usaha peretasan juta-an data pemakainya. Di Twitter, ” Tokopedia ” masuk ke daftar trending topic untuk region Indonesia.

Lewat satu pengakuan sah, Tokopedia tidak menolak ada usaha peretasan. Tetapi, perusahaan mengakui kata sandi pemakainya masih terproteksi.

Memang, menurut tangkapan monitor yang tersebar serta diupload oleh account @underthebreach, si peretas akui perlu pecahkan peranan hash yang mengonversi ciri-ciri kata sandi asli jadi ciri-ciri khusus.

Terbaru, si peretas jual berkas dump data itu seharga 5 ribu USD atau seputar Rp 74 jutaan–1 USD seputar Rp 14. 875–di Dark Situs. Dump data itu berisi info seperti berikut :

1. Tipe kelamin
2. Tempat Nama pemakai (username)
3. Nama komplet (full name)
4. Alamat e-mail
5. Nomor telephone
6. Kata sandi yang dilindungi peranan hash

Baca Juga : Australia Tawarkan Diri Jadi Tempat Dihelatnya Tersisa Musim Premier League 2019/20

91 Juta Data Pemakai Tokopedia Dipasarkan Rp 74 Juta di Dark Situs

91 Juta Data Pemakai Tokopedia Dipasarkan Rp 74 Juta di Dark Situs

Selama ini belum jelas apa dump data itu berisi info kartu credit pemakai yang dikaitkan ke account Tokopedia mereka.

Di dunia kriptografi, hash adalah salah satunya peranan yang dipakai untuk simpan pangkal data, seumpama nama pemakai (username) serta kata sandi (password).

Simpan info peka seperti itu berbentuk teks mentah benar-benar beresiko serta disini peranan hash kerja.

Contohnya, bila kata sandi satu account ialah ” IniKataSandi “, telah sepantasnya skema tidak simpan info itu mentah-mentah. Dengan algoritma yang berbentuk unik, info itu diubah jadi formasi ciri-ciri khusus yang jauh dari aslinya.

Contohnya, ” IniKataSandi ” diubah jadi ” [email protected]#! *as “. Bagaimana proses alterasi berlangsung? Disini peranan algoritma yang berbentuk unik di hash itu.

Lalu, apa kata sandi pemakai dapat diketahui? Mungkin, seandainya, seperti disebut oleh si anggota komunitas itu, seorang harus terlebih dulu dapat pecahkan algoritma yang dipakai di hash pada berkas dump yang bocor itu.

Ini pasti bukan masalah segampang mengubah tangan, tapi untuk berjaga-jaga, pemakai Tokopedia benar-benar dianjurkan untuk mengupdate kata sandinya.

Disamping itu, bila pemakai menggunakan kata sandi serta alamat e-mail yang sama di Tokopedia untuk service yang lain, seharusnya dia lakukan pembaharuan kata sandi yang lain.

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*