Gunung Sinabung Erupsi – Tinggi Kolom Abu Raih 5.000 Mtr

Gunung Sinabung Erupsi – Tinggi Kolom Abu Raih 5.000 Mtr

Gunung Sinabung, Sumatera Utara, kembali lagi erupsi. Erupsi berlangsung jam 10.16 WIB, Senin (10/8/2020). Tinggi kolom abu erupsi pagi hari ini capai 5.000 mtr. di atas pucuk.

“Berlangsung erupsi G Sinabung, Sumatera Utara pada 10 Agustus 2020 jam 10:16 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 5.000 m di atas pucuk (± 7.460 m di atas permukaan laut),” informasi Pos Penilaian Gunungapi Sinabung, PVMBG, Tubuh Geologi, KESDM dalam tayangan tercatatnya, Jakarta, Senin.

Baca Juga : 34 Perusahaan di Jakarta Ditutup Sesudah Karyawannya Terkena Covid-19

Gunung Sinabung Erupsi - Tinggi Kolom Abu Raih 5.000 Mtr

Gunung Sinabung Erupsi – Tinggi Kolom Abu Raih 5.000 Mtr

Kolom abu erupsi Gunung Sinabung pagi hari ini teramati berwarna kelabu dengan intensif tebal cenderung mengarah timur serta tenggara.

Tetapi, PVMBG pastikan, posisi Gunung Sinabung masih ada pada Posisi Level III (Waspada).

PVMBG minta warga serta pelancong supaya tidak beraktivitas di desa-desa yang telah direlokasi. di tempat dalam radius 3 km dari pucuk Gunung Sinabung, dan radius 5 km untuk bagian selatan-timur serta 4 km di timur-utara.

Bila berlangsung hujan abu, warga disarankan menggunakan masker jika keluar dari rumah untuk kurangi efek kesehatan dari abu vulkanik.

Gunung Sinabung Erupsi – Tinggi Kolom Abu Raih 5.000 Mtr

“Amankan fasilitas air bersih dan bersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat supaya tidak ambruk,” pinta PVMBG.

Mereka juga minta warga yang ada serta menetap di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung supaya masih siaga pada bahaya lahar.

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*