Menlu AS Mike Pompeo: Hong Kong Bukan Lagi Daerah Otonomi China

Menlu AS Mike Pompeo: Hong Kong Bukan Lagi Daerah Otonomi China

Bandar Poker Terpercaya – Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menjelaskan pada Kongres jika Hong Kong tidak memiliki hak atas perlakuan spesial berdasar hukum AS.

Merilis BBC, Kamis (28/5/2020), maklumat itu bisa mempunyai keterkaitan besar buat posisi pusat perdagangan Hong Kong serta peluang akan membuat geram Beijing.

“Tidak ada orang yang beralasan yang bisa mengatakan ini hari jika Hong Kong menjaga otonomi tingkat tinggi dari China, mengingat bukti di atas lapangan,” tuturnya dalam satu pengakuan.

Ini ikuti gagasan Beijing untuk menetapkan undang-undang keamanan baru yang polemis di daerah itu.

Baca Juga : Membedah Antarmuka One UI 2.1 di Samsung Galaxy S20 Plus

Menlu AS Mike Pompeo: Hong Kong Bukan Lagi Daerah Otonomi China

Perancangan undang-undang keamanan nasional “cuma yang paling baru dari rangkaian aksi yang dengan cara fundamental menghancurkan otonomi serta kebebasan Hong Kong,” kata Pompeo.

“Saat ini jelas jika China memodelkan Hong Kong sendirinya,” sambungnya.

Sampai saat ini AS sudah memberi Hong Kong posisi spesial di bawah hukum AS. Ketetapan itu datang dari saat daerah itu adalah koloni Inggris serta memberikannya ketentuan perdagangan yang memberikan keuntungan.

Tapi semenjak tahun kemarin, posisi ini sudah bersyarat pada Menteri Luar Negeri AS yang dengan teratur mengatakan jika Hong Kong menjaga otonomi yang cukup dari China daratan.

Bila sekretaris negara tidak berhasil menetapkan ini, Kongres AS bisa mengambil posisi perdagangan spesial Hong Kong.

Ini bermakna AS akan memperlakukan Hong Kong sama juga dengan China daratan untuk perdagangan serta kepentingan yang lain.

Untuk efek dari pencabutan posisi, hal itu bisa mencelakakan nilai perdagangan di antara Hong Kong serta AS serta bisa menghambat orang untuk berinvestasi disana di waktu depan.

Itu akan melukai daerah China daratan, yang memakai Hong Kong untuk seperti penghubung untuk transaksi dengan penjuru dunia. Perusahaan daratan serta perusahaan multinasional memakai daerah itu untuk pangkal internasional atau regional.

Tidak lama sesudah maklumat Pompeo, aktivis pro-demokrasi terpenting Joshua Wong minta beberapa pimpinan AS, Eropa serta Asia untuk ikuti jejaknya serta memperhitungkan kembali lagi posisi perdagangan spesial Hong Kong bila Beijing menetapkan undang-undang keamanan.

“Demikian undang-undang itu diaplikasikan, Hong Kong akan bersatu dengan rezim otoriter China, baik dalam soal dominasi hukum serta perlindungan hak asasi manusia,” tuturnya mengingatkan.

Undang-undang keamanan akan membuat “kerusakan besar pada ekspatriat serta investor di Hong Kong”, tuturnya. Menjaga otonomi kota ialah “salah satu langkah” membuat perlindungan usaha, sambungnya.

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*