Siap Jalankan New Normal – Jokowi Meminta Korps-nya Cek Persiapan Wilayah Kontrol Covid-19

Siap Jalankan New Normal – Jokowi Meminta Korps-nya Cek Persiapan Wilayah Kontrol Covid-19

DominoQQ – Presiden Jokowi merencanakan mengaplikasikan new normal atau tatanan kehidupan baru di waktu epidemi virus corona (Covid-19). Ia minta korps-nya untuk memeriksa persiapan tiap wilayah dalam mengatur penebaran virus corona.

“Dalam rencana persiapan, saya meminta tolong dilihat tingkat persiapan wilayah dalam mengatur virus,” tutur Jokowi waktu pimpin rapat terbatas lewat video conference, Rabu (27/5/2020).

Ia memerintah Gugus Pekerjaan Pemercepatan Perlakuan Covid-19 serta TNI-Polri meningkatkan personelnya di beberapa daerah yang kurva penebarannya masih lumayan tinggi. Diantaranya yaitu, Jawa Timur.

Baca Juga : Puji Kimmich di Pertandingan Dortmund versus Bayern – Muller: Ia Bikin Gol Indah

Siap Jalankan New Normal - Jokowi Meminta Korps-nya Cek Persiapan Wilayah Kontrol Covid-19

Siap Jalankan New Normal – Jokowi Meminta Korps-nya Cek Persiapan Wilayah Kontrol Covid-19

“Di Jawa Timur contohnya, kita meminta pertolongan pasukan aparat supaya bisa mendesak kurvanya supaya tidak naik lagi serta memasifkan pengujian contoh, pencarian agresif pada yang PDP atau ODP serta lakukan isolasi yang ketat,” jelas Jokowi.

“Ini kita kerjakan pada provinsi-provinsi yang kurvanya masih naik,” sambung ia.

Awalnya, Jokowi sudah mengeluarkan aparat TNI-Polri untuk mendisiplinkan warga supaya ikuti prosedur kesehatan virus corona (Covid-19). Pendisiplinan ini untuk menyiapkan warga masuk tingkatan new normal atau tatanan kehidupan baru.

Minimal, ada 340.000 personil TNI-Polri yang di turunkan untuk mendisiplinkan warga. Mereka akan memantau 1.800 titik keramaian dari mulai pasar, mal, sampai tempat pariwisata.

Jokowi menerangkan TNI-Polri akan mendisiplinkan warga supaya memakai masker, jaga jarak aman, serta hindari keramaian waktu melakukan aktivitas di luar rumah. Ia yakini jika pendisiplinan ini dilaksanakan dengan cara masif, maka membuat kurva penebaran virus corona di tanah air turun.

“Kita melihat R0 (Indeks Penyebaran Covid-19) beberapa propinsi telah di bawah satu serta kita berharap mudah-mudahan turun dengan diadakannya pasukan TNI-Polri dengan cara masif,” kata Jokowi selesai mengevaluasi persiapan implikasi new normal di Summarecon Mal Bekasi Jawa Barat, Selasa 26 Mei 2020.

Mengenai empat propinsi yang siap-siap masuk masa new normal yaitu, DKI Jakarta, Sumatera Barat, Jawa Barat, serta Gorontalo.

Sesaat 25 kabupaten/kota berdasar data dari Sekretariat Presiden diantaranya, Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Kampar, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Siak, Kabupaten Bengkalis, Kota Palembang, Kota Prabumulih, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, serta Kota Tegal.

Selanjutnya, Kota Surabaya, Kota Malang , Kota Batu, Kabupaten Sidoharjo, Kabupaten Gresik, Kabupaten Malang, Kota Palangkaraya, Kota Tarakan, Kota Banjarmasin, Kota Banjar Baru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala, dan Kabupaten Buol.

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*