Tidak Banyak yang Tahu – Isuzu Pernah Punyai Sedan

Tidak Banyak yang Tahu – Isuzu Pernah Punyai Sedan

Isuzu lebih diketahui untuk produsen kendaraan niaga daripada kendaraan penumpang. Di Indonesia sendiri, produk Isuzu bertambah banyak kendaraan komersial dibanding mobil penumpang.

Tetapi, pada 1990-an, Isuzu rupanya pernah jual sedan sporty namanya Isuzu Impulse RS, persisnya dikeluarkan tahun 1991. Menariknya, mobil ini tercipta karena terdapatnya terlibat pabrikan asal Amerika Serikat, GM (General Motors) serta Lotus dari Inggris.

Pada Isuzu Impulse RS, GM bertindak untuk perancang bentuknya. Karenanya, facia mobil sedan ini termasuk seperti dengan Chevrolet Camaro dengan sepasang lampu bundar serta berkerudung mode pop-up.

Tidak Banyak yang Tahu - Isuzu Pernah Punyai Sedan

Tidak Banyak yang Tahu – Isuzu Pernah Punyai Sedan

Tentang perform, Isuzu menggandeng Lotus serta mereka setuju menyisipkan mesin Lotus Elan M100. Dapur picu berkonfigurasi 4-silinder inline 1. 600 cc turbocharged itu dapat membuahkan tenaga sebesar 160 ponsel dengan torsi 203 Nm serta dialirkan ke semua rodanya alias all-wheel drive (AWD).

Sayang, dapur picu ini cuma bertahan 2 tahun. Pada tahun 1992, Isuzu Impulse RS diberi mesin baru, 4-silinder inline 1. 800 cc naturally-aspirated (NA) atau tanpa ada turbo. Bukanlah naik, tenaganya malah turun jadi 140 ponsel serta torsinya cuma 169 Nm.

Meskipun begitu, di masa 1990-an, Isuzu Impulse RS pernah jadi pujaan. Kecuali mesinnya yang oke, mobil ini mempunyai design sporty karena tercipta untuk sedan sport coupe 2 pintu.

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) untuk agen pemegang brand kendaraan Isuzu di Tanah Air ikut waspada penebaran virus Corona atau Covid-19. Masalahnya Isuzu masih memercayakan beberapa elemen yang dihadirkan langsung dari Tiongkok.

President Director IAMI Ernando Demily mengatakan, stock elemen untuk beberapa waktu ke depan masih aman. Hingga produksi kendaraan niaga Isuzu masih normal.

” Sampai sekarang (perubahan virus Corona) kami mapping terus. So far, untuk produksi s/d April masih aman, ” terangnya di Jakarta waktu lalu.

Dianya akui cukup sedikit tenang karena beberapa perusahaan relasi penyalur elemen di Tiongkok telah mulai kerja normal.

” Suplier-suplier di Cina sebagian besar telah mulai produksi hanya masih beberapa ada yang produksinya on-off. Jadi masih kami monitor terus, ” tuturnya.

Tidak Banyak yang Tahu – Isuzu Pernah Punyai Sedan

Meskipun begitu dianya tidak menolak bila masalah ini berkepanjangan sampai memunculkan efek yang lebih luas. ” lha itu yang buat pusing, moga-moga cepat usai lah, ” harapnya.

Isuzu sendiri membidik pemasaran kendaraan komersial di tahun ini sekitar 28 ribu unit. Ernando memiliki pendapat, bila virus Corona dapat ditangani dalam sekejap karena itu dapat merangsang pemasaran di bidang otomotif.

Ditambah lagi pertanda kebangkitan bidang komersial telah kelihatan semenjak kuartal ke empat tahun kemarin.

” Menurut saya pribadi, jika anti virusnya bertemu semester dua tentu terbang (pemasaran melesat). Kan entrepreneur tidak akan metahan terus, tentu ingin recovery, “

” Seperti pepatah Cina, jika sulit nangisnya jangan keras-keras, jika cocok suka ketawanya jangan keras-keras. Ya saat ini cocok sulit masih berhati-hati saja, tetapi harus bersiap sebab satu hari tentu recovery, ” ujarnya.

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*